9 Halte Busway Pulogadung Harapan Indah Segera dibangun

Pemda DKI melalui Dinas Perhubungan DKI mengalokasikan anggaran Rp40 miliar untuk pembangunan halte busway. Dana tersebut disiapkan untuk membangun enam halte yang menghubungkan Pulogadung hingga Harapan Indah, Kota Bekasi.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengungkapkan total halte yang akan dibangun sebanyak sembilan unit terkait perpanjangan dua koridor busway hingga ke kawasan Harapan Indah. “Dana pembangunan enam dari sembilan halte bus Transjakarta ini diperolah dari APBD DKI 2012 yang saat ini dalam proses tender,” ujarnya.

Sedangkan, sisa enam halte lagi, lanjut Pristono, menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi bersama para pengembang di kawasan Harapan Indah.

“Perpanjangan layanan bus Transjakarta dari Pulogadung hingga ke Kota Bekasi secara otomatis menambah jumlah armada bus. Bulan September mendatang, Dishub DKI dan BLU Transjakarta akan mengadakan penambahan 66 ‘articulated bus’ atau bus gandeng,” ungkapnya.
Bus-bus tersebut, menurutnya, disediakan untuk pelayanan transportasi dari Koridor I hingga Koridor VIII. “Semua akan dibuat bus gandeng, karena lebih banyak mengangkut penumpang,” paparnya.

Secara terpisah Kadishub Bekasi, Supandi Budiman, mengatakan, sasaran perpanjangan rute bus Transjakarta dari Pulo Gadung ke Harapan Indah, bertujuan agar para pengguna kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor beralih ke sarana transportasi busway.
“Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menyediakan fasilitas ‘park and ride’ di kawasan Harapan Indah bagi pemilik kendaraan pribadi untuk memarkirkan kendaraan miliknya dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta,” ungkap Supandi Budiman.

Posted in by Admin. No Comments
Leave a Comment